Minggu, 03 Maret 2013

Seputar OS dan Alat Peripheral

Waiyaya.
Sekarang gue bakal ngeposting tentang ilmu IT, yang mungkin bagi kalian ada yang lagi nyari tugas atau sekedar ingin tau, atau cuma numpang buat baca. Ok, sekarang gue bakal ngebahas *jreng-jreng-jreng* tentang seputar Operating Sistem dan Alat Peripheral Komputer, langsung aja check this!

1. Sistem Operasi atau Operating Sistem dalam bahasa inggris, atau bahasa gaulnya OS adalah semacam induknya semua aplikasi atau software pada komputer, contoh dari OS adalah
-Windows XP
-Windows 7
-Windows 8
-Windows Vista
-Windows 95
-Linux
-Blackberry
-Android
-dll

Fungsi dari OS ini adalah mengatur software-software pada Laptop, Netbook, Smart-phone. OS berbeda dengan BIOS kalau OS mengepalai semua software, sedangkan BIOS adalah perangkat Lunak (software) yang mengepalai macam-macam Hardware.

Nah lantas kalau BIOS adalah software bukannya BIOS dikepalai oleh OS ?

Nah, gini sob, spesiap buat BIOS, OS tidak mengkepalai BIOS walaupun BIOS merupakan Software. Dalam penyalaan Laptop-pun (misalnya), BIOS akan tampil di layar lebih awal dari OS, kapan saat muncul, jadi dalam proses penyalaannya pun dibagi 2 jenis loading yaitu :
-Loading BIOS
-Loading OS
Nah loading yang pertama itulah BIOS Komputer kalian sob.

2. Alat Peripheral
Pengertiannya sih, alat berupa hardware atau perangkat keras yang dihubungkan menggunakan kabel pada CPU. Contoh-contohnya antara lain :
-Monitor
-Webcam
-Keyboard
-Printer
-Scanner
-Barcode Scanner
-Speaker
-dll
Namun perlu kalian ketahui bahwa alat peripheral dibagi 2 yaitu menurut jenis dan fungsinya.

Peripheral menurut jenisnya dibagi 2 yaitu :
-Main Peripheral, yaitu alat peripheral yang mau tidak mau harus ada untuk mendukung kinerja serta proses suatu Komputer (wajib ada) apa saja ? Contohnya yah, monitor, mouse, keyboard. Kebayangkan kalau kalian mau ngetik eh keyboardnya gak ada atau mau liat data eh monitornya gak ada Σ( ° △ °|||)︴ kebangetan!! (--〆)
-Auxilarry Peripheral, nah ini lawannya Main Peripheral, kalau yang ini sob, ada atau tidak ada tetep Komputer bisa dilaksanakan dalam kinerja, contohnya, printer, webcam, speaker, scenner.

Alat peripheral yang berdasarkan fungsinya adalah :
-Input Peripheral yang fungsinya sebagai input (memasukan) jadi yang memasukan data ke komputer kaya scanner, keyboard.
-Output Peripheral, kalau yang ini yah, pastinya lawan kebalikan dari input, yaitu output (keluar) jadi yang berfungsi menampilkan hasil akhir suatu file, contohnya speaker, printer, monitor.

Oke jadi itulah, seputar hal tentang OS dan Alat Peripheral, moga jadi ilmu yang berguna buat kalian semua!! =))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar