Rabu, 02 Mei 2012

Arti Sebuah Nama


Waiyaya!

Berhubung ini adalah post pertama gue, maka gue lebih didasari terlebih dahulu dengan pengenalan diri gue. Nama asli gue “Maulana Ashadi Noor”, tapi kebanyakan manggil gue Dika (Bukan karena gue suka ama bang Raditya Dika)(bukan juga karena muka gue kaya Raditya Dika)(dan bukan juga karena gue sama-sama punya blog).

Gue juga gak ngerti kenapa nama panggilan gue itu dari “Maulana Ashadi Noor”, jadi “Dika”. Yang jelas kata bokap dan nyokap gue, itu kepanjangan dari “Adiknya Kaka” (Terus, hubungannya ama nama ?!), biasanya orang itu contohnya “Yoyo Surnono” panggilannya “Yoyo”, “Tatang Sutisna” panggilannya “Tatang”.

Sehingga gue sendiri sering ngerepotin atas pertanyaan-pertanyaan, seperti contohnya waktu gue masuk SMP gue ditanya ama guru :

            Guru    : “Namanya siapa ade ?”

            Gue      : “Maulana Ashadi Noor bu..”

            Guru    : “Wahh.. nama panggilanya ?”

            Gue      : “Dika…”

            Guru    : “Dika ?”

            Gue      : “Iyaa bu…”

            Guru    : “Namanya ‘Maulana Ashadi Noor’ kan ?”

            Gue      : “EAAAA….”

            Guru    : “Nama panggilannya ‘Dika ?’ “

        Gue      : “Ho.oh..”

            Guru    : “Ohhh….”
            
            Gue      : *mending diem*

            Guru    : “Kok namanya ‘Maulana Ashadi Noor’ jadi ‘Dika’ Sihh ?
           
Gue      : *dalam hati : mending bu dari pada gue di sebut Nazarudin* Gak tau
  bu dari lahir juga udah disebut gitu
            
            Guru    : “Ohh….”
            
            Gue      : *langsung cabut*

Emang menyusahkan men! Asal usul nama gue “Maulana Ashadi Noor” jadi “Dika”, dan pusingnya setiap gue daftar di Sekolah-sekolahan *Teka, Esde, Esempe, dll* gue selalu di Tanya begitu. Tapi itu adalah harta dan permata yang diberikan oleh orang tua. Orang tua tidak ingin anaknya tampil negative, makannya mereka menyipkan keinginan mereka dalam sebuat “Nama”.

Yapz, setiap orang pasti punya nama, dan setiap nama pasti punya arti sendiri, contohnya Gue (Lagi) menurut Bokap gue arti “Maulana” adalah “Bangsawan dari Arab” *WoW! Keren* dan Arti “Ashadi” berasal dari kata Arab yaitu “Ashadu” atau berarti “Aku Bersaksi” dan “Noor” sendiri juga berasal dari kata Arab yaitu “Nur” yang artinya “Cahaya” jadi, “Maulana Ashadi Noor” artinya “Bangsawan dari arab yang 
bersaksi akan dirinya seperti Cahaya”.

Dari sana, kita mungkin tau, bahwa setiap orang tua menginginkan yang terbaik bagi anaknya, dan hal yang pertama untuk hal yang terbaik adalah “Memberi Nama yang Baik”, dan terkadang kita sering menyepelekan nama Orang seperti orang yang sering mencaci maki, kita sering mengejek-ejek nama seseorang dan bahkan nama orang tua temen kita (Dan emang, jika kita mengejek-ejek itu timbul rasa kepuasaan dalam hati, bener gak ?)

So, sebuah nama itu sangat berarti bagi mahluk hidup, sebab Nama-nama tersebut, memiliki arti yang dalam bagi Kita, dan hal yang pertama bagi kita yang hendak dewasa dan akan merasakan menjadi seorang Ayah dan Ibu adalah :

Memberikan Nama bagi keturunan-keturunan kita, yang baik, bagus, kelak hal yang kita inginkan bisa tercapai” –Maulana Ashadi–

Tidak ada komentar:

Posting Komentar