Senin, 09 Juli 2012

Seorang Blogger

Blogger adalah seseorang dimana yang menggunakan blog (pengertian yang singkat), yahh... udah intinya blogger adalah orang yang menggunakan blog (selesai, gak pake 'koma' gak pake 'titik' langsung 'selesai').

Kenapa gue nge-post judul dengan judul diatas, sebab gue ngerasa ada sebagian blogger yang isi blognya itu lucu, tetapi bersifat membuat nama baik seseorang jatuh. Mungkin para readers pernah membacanya dan terkadang readers terhibur dengan kejadian itu.

Padahal dalam segi hukum itu sudah melanggar hukum dan bisa terjerat pasal pencemaran nama baik. Dan tidak semua orang menerima dirinya diperlakukan seperti itu, kadang ada yang menganggap itu hanya lelucon belaka, ada juga yang hanya memandang dengan sebelah mata, ada juga yang menanggapi dengan serius lelucon ini.

Pernah gue baca status facebook seseorang yang gue kenal (gue kagak tau dia dapet dari mana, yang jelas gue baca stats dia dan gue setuju) dia nulis stats seperti ini :

"Kadang ada orang yang menanggapi lelucon dengan serius, ada juga yang membuat lelucon dengan serius"

Mungkin bener, ada orang yang misalnya di jadiin bahan lelucon eh dia nanggapnya serius, dibawa ke meja hijau, kena pasal pencemaran nama baik, padahal itu lelucon, jadi siapa yang salah ? apakah yang membuat lelucon atau yang menanggapi lelucon dengan serius ?

Untuk menilainya kita perlu melihat dari berbagai faktor juga, dimana kita berada di posisi yang membuat lelucon yang dengan alasan "bahwa semua itu hanyalah lelucon tidak ada maksud apa-apa yang bersifat negatif" tetapi ketika kita melihat pada posisi orang yang jadi bahan lelucon, kita beralasan "bahwa itu sama saja dengan mencemari nama baik saya, walau hanya sekedar lelucon semua itu di expost ke media masa yang membuat semua orang tau".

Itu baru media masa, sekarang ini blogs, situs yang terkenal di seluruh dunia, yang memungkinkan banyak orang luar membaca postingan kita, selaku blogger gue berharap setidaknya blogger-blogger semuanya memiliki etika serta sopan tutur kata, dan gue juga berharap gue menjadi blogger yang memiliki etika yang baik serta sopan tutur kata yang indah, sehingga walau tanpa merendahkan nama baik orang, tapi tetap mengasyikan dan seru untuk dibaca.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar