Rabu, 06 Juni 2012

Asal 160 karakter

Helo!

Salam waiyaya, semuanya! Gimana keadaan kalian? Gue harap kalian semua baik-baik aja, Well, sekarang gue mau ngasih tau kepada kalian, tentang asal-usul "160 Karakter", sebelum gue bahas lebih jauh, apa kalian semua udah tau apa yang dimaksud "160 karakter", Kalo belom, gue kasih tau,

Lo tau kan SMS (Short Message Service), klo tau, mestinya lo tau tentang karakter 160, coba liat jumlah kata SMS yang disediahakn ? Jumlahnya 160 (termasuk tanda baca, spasi, dan simbol), nah itulah yang akan gue kasih sedikit yang gue tahu kepada lo semua.

Tapi yang jelas 160 Karakter itu, bukan karena turun dari langit, atau karena penentuan seperti nomor lotre, atau bukan seperti angka "Hoki", tetapi ada asal-usulnya sobat, yaitu seorang pimpinan di Global System of Mobile Communication (GSM) atau namanya bapak Friedhelm Hillebrand, yang berasal dari Negara German atau lebih tepatnya Bonn.

Munculnya 160 karakter adalah, waktu beliau, mengetik menggunakan mesin tik secara acak beberapa kalimat dan pertanyaan di secarik kertas. Iseng-iseng kali yeh,(gue kagak tau lebih detailnya, gak tau iseng, gak tau "Enggak iseng", bukan masalah gue). Beliau menghitung jumlah karakter (Termasuk spasi, dan tanda baca)
jumlahnya tidak kurang dari 160 karakter.

Dan pada saat itu, beliau sedang kebingungan, kenapa ? (Yang jelas bukan karena masalah gue) yaitu, tentang jumlah karakter yang akan di tepatkan atau dipantenkan sebagai standar teknologi bagi mayoritas ponsel di dunia. Beliau yang kalai itu sedang mencari karakter yang pas, dimana sistem yang mengirim pesan dengan singkat, mengingat bandwith yang ketat untuk jaringan nirkabel.

Dan karena itulah, beliau berpikir lebih baik standar karakter yang ditentukam berjumlah 160 karakter, and because it, sampai sekarang SMS masih menggunakan 160 karakter tersebut untuk jumlah maximal dalam 1 pesan singkatnya.

Dan menurut lo, kurang banyak gak jumlah 160 karakter itu ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar