Rabu, 06 Juni 2012

Warna Putih, Chef's Costume

Good Time, para readers, and salam waiyaya!

Kalau tempo dulu gue bahas tentang asal-usul 160 Karakter, ( dapat dilihat disini ), sekarang gue mau, ngejelasin asal-usul warna putih pada costume Chefs atau Seragam Koki, mengapa ? Let's go!

Lo tau film serial Drama Korea "Pasta", gue harap lo tau film satu ini, film yang menceritakan kegigihan . . .(Bentar kenapa gue nyeritain alur cerita film ini ?) err... intinya pasta nyeritain tentang seorang Chef, titik. Dan si Chefnya itu pake baju putih-putih (Yang jelas gak seperti pocong) (Dan gak seperti kuntilanak) (Dan bukan seperti Bernard Bear lagi hamil)(Dan sejak kapan bernard Bear hamil ? Oleh siapa dia ? Gak tau dan bukan urusan gue).

Ciri Khas seorang Chef adalah :
  • Menggunakan Seragam (Ya, iyalah.. Anak TK. juga pake seragam)
  • Seragamnnya berwarna Putih (Lah suster juga pake warna putih)
  • Menggunakan Topi (Anak Sekolahan juga pake topi)
  • Topinya dikasih lipatan
Satuin tuh ciri Khas seorang Chef diatas jadi satu.

Tradisi kostum seperti diatas duah ada pada kurang lebih 2.000 Tahun yang lalu, yang sudah menjadi tradisi di Asiria (atau Irak). Koki istana pada zaman dulu, memiliki posisi terhormat karena, menyuguhi makanan untuk raja dan diberi Topi dengan lipatan untuk membedakan dengan pegawai dapur lainnya.

Selain alasan untuk membedakan dengan pegawai dapur lainnya, topinya berfungsi sebagai pencegah agar rambut koki tidak jatuh pada hidangan yang akan disajikan, seperti di masa Raja Henry VIII, namun mulai dipatenkan pada tahun 1800-an.

Dan warna putih tersebut melambangankan, kebersihan pada dapur tersebut, oleh karena itu koki menggunakan seragam berwarna putih, yang mencermikan kebersihan serta keindahan tempat kerjanya yaitu dapur.

Ngomong-ngomong soal seragam yah, kita udah tau kenapa Chef menggunakan seragam putih karena, mencerminkan kebersihan dapurnya, lantas kok Cleaning Service gak pake seragam putih yah ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar